Sunday, April 19, 2015

TUGAS SOFTSKILL : ORGANISASI PERUSAHAAN



Laporan pertanyaan dan jawaban dalam diskusi yang dilakukan kelompok 2 Soft Skill kelas 2KA04 pada tanggal 15 April 2015
Pertanyaan :

1. Bagaimana menurut kelompok anda, cara mendirikan koperasi dengan baik dan benar ?

Jawaban :

 Menurut pengalaman yang sudah dilakukan koperasi rumah baraya dalam pendirian koperasi adalah : 

1. Melakukan rapat calon anggota yang harus di hadiri mini 30 orang untuk disepakati akan dibuatnya koperasi
2 melakukan audiensi dengan dinas koperasi setempat
3 Membuat akta notaris untuk dilegalkan badan hukumnya.
4 pengesahan dengan tanda tangan dinas koperasi setempat


2. Apakah koperasi ini melakukan perencanaan sehingga berpengaruh dalam sistem dan keanggotaan?

Jawaban :

Koperasi rumah baraya melakukan rapat anggota satu bulan sekali. Dimana pada rapat itu dilakukan evaluasi secara menyeluruh baik sistem atau kinerja anggotanya


3. Sudah sejauh mana koperasi ini dalam pencapaian tujuannya?

Jawaban : 


Sejauh ini Koperasi Baraya sudah memiliki kurang lebih 2000 nasabah. Dalam pencapaian satu tahun (2014-2015) koperasi ini sudah terlihat progresnya diantaranya banyaknya pengajuan untuk menjadi nasabah. Namun karena baru satu tahun koperasi ini berjalan, tentunya masih adanya proses pembelajaran dan perbaikan untuk menjadi koperasi yang lebih baik.


4. Apa saja syarat untuk terdaftar sebagai nasabah dalam koperasi ini?

Jawaban : 

Syarat menjadi nasabah Koperasi Rumah Baraya :

1. Menghubungi Call Center
2. Mengisi formulir
3. Melampirkan foto copy Surat izin usaha, KTP, KK, dan surat nikah (asli)
4. Bersedia untuk disurvei usahanya
5. Mengisi lembar kesepakatan


Demikian laporan tanya jawab dalam diskusi mata kuliah Soft Skill kelas 2KA04 Universitas Gunadarma 2014/2015.




Saturday, March 21, 2015

Kakek Berusia 10 Tahun

Kakek Berusia 10 Tahun gaulfresh February 23, 2015 Kakek 2015- 4 Comments
GaulFresh.Com –

Suasana ramai terlihat di sudut kota Yogyakarta. Terdengar lantunan indah suara ayat suci Alquran. Rupanya diadakan pengajian rutin usai menunaikan salat Isya. Diantara kerumunan anak-anak dan remaja terlihat sosok yang tak lagi seusia dengan kerumunan yang ada di masjid tersebut.

Kakek berusia sekitar 70 tahun terlihat tengah asyik bergabung bersama anak-anak yang khusyuk membaca ayat suci Alquran. Seorang pemuda yang merasa heran dan penasaran segera mendekati kakek tersebut.

Pemuda itu mulai berbincang-bincang, apakah kakek merupakan guru ngaji di sana. Sontak pemuda itu terkejut, rupanya si kakek hanya murid sama dengan yang lainnya.

“Berapa usiamu kek?” tanya pemuda itu.

” Sepuluh tahun nak,” jawab si kakek.

Tak percaya dengan pernyataan kakek, pemuda itu terus bingung mendapati jawaban kakek. Tiba-tiba kakek itu tertawa dan menjelaskan mengapa Ia mengatakan berusia 10 tahun.

“Ah…, kakek bercanda! Perkiraanku, umur kakek sudah 70 tahunan…”

“Ha ha ha, tebakanmu benar! Bila dihitung dari saat kakek lahir hingga kini, umur kakek memang 70 tahun. Tetapi, 60 tahun yang telah dilewati jangan dihitung. Yang benar-benar dapat dihitung adalah kehidupanku sepuluh tahun terakhir ini.”

Si pemuda menunjukkan wajah kebingungan. Ia pun bertanya, “Apa artinya, Kek?”

Sambil menghela napas panjang si kakek menjawab, “Sejak kecil sampai usia 20 tahun, yang seharusnya waktu terbaik untuk belajar, tetapi kakek sibuk bermain dan bersantai. Karena semua kebutuhan hidup telah disediakan berlimpah oleh orangtua kakek. Kemudian 20 tahun berikutnya, waktu yang seharusnya untuk mengejar karir dan berjuang, kakek malah menggunakannya untuk berfoya-foya-menghamburkan harta yang diperoleh dengan susah payah oleh orangtua kakek. Dan 20 tahun ketiga, waktu yang seharusnya untuk mengumpulkan tabungan sebagai persiapan pensiun di masa tuaku, malahan kakek gunakan untuk pergi tamasya, menghabiskan sisa harta yang masih ada. Semua hanya untuk mengejar kesenangan sesaat. Coba, kamu pikir, bukankah 60 tahun telah kulewati itu sia-sia? Tidak ada satu pun yang kupelajari.”

“Lalu bagaimana dengan sepuluh tahun terakhir hidup kakek?”

Dengan mata berkaca-kaca si kakek bertutur, “Sepuluh tahun terakhir aku sadar, 60 tahun hidup dilalui tanpa makna, tanpa tujuan, dan tanpa cita-cita… Sungguh hidup yang sia-sia, tidak berguna. Saat sadar, kakek sudah hidup sebatang kara dan tanpa harta. Untuk hidup pun harus ditunjang dari belas kasihan orang lain. Anak muda, jangan meniru kehidupan seperti yang telah kakek jalani. Karena, waktu adalah modal utama paling berharga yang dimiliki oleh setiap manusia. Pergunakanlah baik-baik untuk belajar, berusaha, dan berkarir. Efektivitaskan waktumu pada tujuan yang jelas, dan berjuang meraih keberhasilan. Maka kelak di hari tuamu, kamu akan menjalani kehidupan ini dengan bangga dan bahagia.”

Teman-teman sekalian

Jangan biarkan waktumu hilang walau cuma sedetik akibat pebuatan yang sia-sia. Sebab salah satu ciri orang yang akan sukses adalah ia pintar mengolah waktunya. Sementara salah satu ciri orang yang sudah sukses adalah ia membeli waktu orang lain untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang sebenarnya ia bisa lakukan sendiri.

Saturday, February 21, 2015

10 Tanda Pria Bermasa Depan Cerah

Apa yang Anda lihat ketika memilih pasangan? Pria yang berasal dari keluarga kaya dan terpandang? Jika tujuan hubungan Anda hanya saat ini, mungkin itu cukup. Namun, bila yang Anda cari adalah hubungan yang serius hingga ke pernikahan, ada kriteria lain yang sebaiknya Anda lihat, yaitu potensi kesuksesan dia.

1. Senang Beribadah

Laki-laki yang berpotensi sukses juga implementatif dan sering menerapkan apa yang ia pahami tentang ibadah dalam kehidupan sehari-hari, tidak muluk-muluk tetapi justru istiqomah walaupun hanya menjalankan amalan yang kecil. Semua ciri-ciri yang selanjutnya tidak akan berarti jika nomor pertama ini tidak terpenuhi

2. Punya Tujuan Hidup

Ketika Anda bertanya apa tujuan hidupnya, ia akan menjelaskan secara rinci kepada Anda rencana jangka pendek dan menengahnya, apa yang ingin ia lakukan setahun mendatang, lima tahun, dan seterusnya.

Bahkan, ia menyiapkan rencana cadangan untuk mengantisipasi kegagalan. Tidak hanya menjawab, "Kita lihat saja nanti, jalani saja hidup ini seperti air mengalir."

2. Mandiri

Ia tidak bergantung pada orang lain dan mengandalkan kemampuan sendiri dalam hal apa pun. Misalnya, sejak awal mula bekerja, ia menanggung sendiri biaya hidupnya tanpa bantuan orangtuanya. Pria seperti ini menunjukkan bahwa ia bertanggung jawab atas hidupnya dan hidup orang yang ia sayangi. Si dia juga tak pernah mengeluh mengenai pekerjaannya. Karena ia sadar, untuk mencapai kesuksesan, tentu dibutuhkan usaha dan kerja keras.

4. Hobi Menolong

Anda tentu pernah mendengar ungkapan semakin banyak memberi, akan semakin banyak menerima. Percaya atau tidak, ungkapan ini memang ada benarnya. Jadi, bila pasangan termasuk pria yang ringan tangan membantu orang lain, Anda perlu berbangga hati mendukungnya. Sebab, ini akan menjadi bekal atau tabungan untuk menuju kesuksesannya di masa depan. Siapa tahu seseorang yang ia bantu saat ini berperan penting dalam kariernya di kemudian hari.

5. Bersahabat dan berwawasan

Sikapnya yang bersahabat ditambah dengan wawasan luasnya biasanya akan mudah mengambil hati banyak orang, termasuk saat melobi orang-orang penting yang berkaitan dengan kariernya. Pengetahuannya tentang berbagai hal termasuk berita-berita terkini akan membuat orang lain merasa nyaman berdiskusi dengannya. Semakin banyak orang tertarik padanya, semakin luas juga networking-nya. Kalau sudah begini, Anda tak perlu khawatir dengan kualitas diri yang dimiliki si dia, kesuksesan pun akan segera menghampiri.

6. "Family man"

Pria yang bertanggung jawab dan menyayangi keluarganya biasanya adalah pria yang juga memerhatikan perkembangan kariernya. Ia akan selalu termotivasi meningkatkan karier lebih baik lagi untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Selain itu, pria tipe ini cenderung setia pada pasangannya sehingga ia bisa menyeimbangkan waktu dan pikirannya untuk Anda dan pekerjaannya.

7. Memiliki investasi

Saat ini gaji si dia tak bisa dibilang besar? Tak perlu khawatir selama ia bisa mengatur pendapatannya dan tak selalu kehabisan uang di tengah bulan. Apalagi bila ia termasuk orang yang jeli melihat peluang bisnis. Tak perlu terlalu besar, berangkat dari bisnis kecil-kecilan pun bisa mengantarkannya menjadi pengusaha sukses. Dukung sepenuhnya ketika dia memiliki keinginan untuk mencicil rumah atau berinvestasi dalam bentuk lain, seperti saham atau reksa dana. Karena ini menunjukkan si dia sangat memikirkan masa depan.

8. Realistis dan lurus

Meskipun si dia bersemangat meraih mimpinya, tetap amati bagaimana usahanya meraih impian, jangan sampai si dia menghalalkan berbagai cara yang justru bisa menghancurkan masa depannya. Ingatkan untuk tetap realistis dengan kemampuan yang dimilikinya. Bila si dia ahli dalam bidang teknologi informatika, ia tak perlu memaksakan diri untuk menjadi seorang public relations karena tertarik melihat temannya yang sukses di bidang tersebut. Masing-masing orang kan memiliki kelebihan yang berbeda-beda.

9. Optimistis dan positif

Ia sangat tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya sehingga ia selalu percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain ataupun ketika diberikan tanggung jawab baru. Ia hampir tak pernah berkata "tidak bisa" atau "malas deh melakukannya". Ia selalu berpikir positif dan optimistis bahwa setiap tantangan yang datang pasti ada solusinya. Selain itu, ia juga terbiasa fokus dalam melakukan sesuatu sehingga tak cepat menyerah saat mengalami kegagalan.

10. Pandai Menghargai

Biasanya ia tidak suka untuk dipuji namun sebaliknya ia mampu menghargai, menghargai bagaimana lingkungannya dapat membuat ia sukses, menghargai orang-orang disekitarnya apalagi termasuk orang yang dikasihinya.

Semoga siapapun yang merindukan sosok suami seperti diatas mari kita sama-sama doakan smoga dipertemukan dengan yang diimpikan...Aamiin

Friday, February 20, 2015

Kenapa Sayang Sama Aku



Dalam suatu waktu ketika aku mau pulang, habis nganterin dia pulang ke rumah, dia ngambil kamera yang habis dipakai buat ngerekam kejadian sepanjang hari itu jalan sama dia. Dan dia nanya kayak gini.

"Kenapa kamu sayang sama aku?"

"Kenapa kamu nanya kaya gitu?"

"Nanya aja, kan selama ini aku ga sellau bikin kamu bahagia"


Ya..  memang aku gak selalu bahagia sama kamu

Ya..kadang kamu bikin aku sedih, kamu bikin aku sedih ketika aku ngecewain kamu atau aku bikin kesalahan yang bikin kamu sedih juga..

Ya.. aku sedih karena aku pikir bukan orang yang terbaik yang bisa bikin kamu bahagia terus atau aku bukan orang yang terbaik untuk tau apa yang kamu tau dari aku..

.. Tapi kadang kamu juga bikin aku takut, kaya misalnya malam-malam ini aku mau pulang, aku takut kalau di jalan aku kenapa-napa, amit-amit, dan ini jadi akhir kenangan kita, gitu karena gak ada kenangan lain yang kayaknya lebih bagus dibandingin aku yang selama ini yang selalu nyebelin buat kamu, ...

Aku juga takut jangan-jangan hubungan ini juga bukan punya kita doang, tapi bisa juga ini punya kedua orang tua kamu misalnya, tiba-tiba mereka jadi gak sreg sama aku dan jadi kita putus gitu..
Aku takut karena bisa aja ini sewaktu-waktu diambil dari aku ..

Tapi aku juga kecewa.. Aku juga suka kecewa kalau misalnya aku di luar kota habis kerja seharian, aku lupa untuk nelpon kamu dulu sebelum tidur, hariku jadi gak komplit gitu.. 

Gak tau, ada yang beda aja.. Omongan "Selamat tidur ya buat kamu" aja udah bisa ngebuat hariku jadi komplit, ya gitu..

"Coba kamu tanya lagi deh.."

"Kamu kenapa sih sayang sama aku?"

Iya.. karena aku "gak selamanya bahagia" sama kamu. Aku juga ada sedihnya.. Aku juga ada "takut".. Dan aku juga ada rasa "kecewa". Karena kamu satu paket sama itu, dan aku yakin kamu pun kaya gitu.




Sumber : Liat deh


Sunday, February 8, 2015

Untuk yang sedang jatuh cinta

Kasih . . .

aku tak mengerti apa itu cinta, bagaimana itu sayang, dan kau hadir merubah semuanya menjadi indah. Ketika hatiku yang beku tlah kau cairkan dengan kelembutanmu, seperti anak panah yang menembus hati ini ketika kau menatapku dengan penuh cinta. Terkadang cinta itu aneh….ada yang mengatakan bahwa cinta itu tak mempunyai kaki, tapi cinta bisa berjalan dari hati ke hati, dan kini cintaku tlah berjalan ke hatimu. Kini cinta ini tlah lumpuh untuk tetap berada di hatimu, tidak akan pernah sanggup untuk berjalan meninggalkanmu.

Kasih. . .cintaku itu sederhana. Cukup engkau menjadi milikku, maka aku akan menjadi milikmu selamanya.



http://www.cinta009.com/2014/10/surat-cinta_4.html?m=1

Sunday, February 1, 2015

Monday, January 19, 2015

Latihan soal (Teknik Pemrograman Terstruktur) UAS GUNADARMA

Latihan soal UAS GUNADARMA
Teknik Pemrograman Terstruktur
Dosen : Rani Puspita


Pilihan Berganda.
1. COBOL merupakan kepanjangan dari :
a. Common Bussiness Overwrite Language
b. Command Bussiness Oriented Language
c. Common Bussiness Oriented Language
d. Command Bussiness Overwrite Language

2. Bahasa COBOL versi pertama kali muncul pada tahun ……
a. 1958           c. 1974
b. 1960           d. 1985

3. Bagian yang berisikan informasi mengenai computer yang digunakan ……….
a. identification division
b. configuration section
c. environment division
d. working – storage section

4. Pada tahun berapa COBOL di standarisasikan oleh ANSI……..
a. 1960
b. 1968
c. 1965
d. 1974

5. Group yang mengembangkan COBOL ……….
a. CODASYL
b. ANSI
c. IBM
d. Semua benar

6. Yang termasuk figurative constant pada bahasa COBOL, kecuali…….
a. ZEROS
b. SPACE
c. NULL
d. QUOTES

7. Figurative constant dituliskan dalam…….
a. data division
b. procedure division
c. working-storage section
d. environtment division

8. Bahasa COBOL merupakan bahasa yang termasuk dalam level…..
a. High           c. low
b. Medium      d. Semua salah.


9. Kumpulan dari instruksi atau deklarasi atau pernyataan yang disusun sehingga
komputer dapat memproses input data menjadi output, disebut….
a. semua benar         c. programming
b. programmer          d. Program

10.Dibawah ini susunan di dalam Konsep Dasar Organisasi Data yang benar adalah
…….
a. File – Record – Field – Karakter
b. File – Field – Record – Karakter
c. Field – Record – File – Karakter
d. Field – File – Record – Karakter

11.Struktur program COBOL dibagi menjadi 4 DIVISION, Division ke 3 dari COBOL
adalah …..
a. PROCEDURE DIVISION             c. ENVIRONMENT DIVISION
b. DATA DIVISION                          d. IDENTIFICATION DIVISION

12.Kata – kata yang dapat dibuat dan telah didefinisikan oleh programmer disebut…
a. USER DEFINED WORD            c. Semua salah
b. COBOL RESERVED WORD     d. Semua Benar

13.Kolom yang tersedia di COBOL adalah mulai dari kolom 1 sampai dengan kolom
80, yang disebut area A adalah …..
a. Kolom 8 – 12         c. Kolom 8 - 72
b. Kolom 12 – 72      d. Kolom 8 – 11



14.Yang termasuk Kolom Area B adalah ….
a. Kolom 8 – 11         c. Kolom 12 - 72
b. Kolom 8 – 72         d. Kolom 12 – 71

15.Bentuk data dibedakan menjadi 2 , yaitu data variabel dan data konstanta. Yang
di maksud dengan data variabel adalah ….
a. Data yang nilainya dapat berubah didalam program.
b. Data yang nilainya tidak dapat berubah didalam program.
c. Data yang nilainya tidak tergantung dari input yang dibaca ( bernilai tetap ).
d. Semua salah.

16.BLANK SCREEN clause pada SCREEN SECTION digunakan untuk ….
a. Membersihkan layar
b. Menempatkan cursor pada posisi kiri atas ( baris 1 kolom 1 )
c. Jawaban A dan B benar.
d. Jawaban A dan B salah.

17.Dibawah ini di gunakan untuk menampilkan suatu efek tertentu yang berada di
dalam SCREEN SECTION, kecuali….
a. UNDERLINE CLAUSE                c. REVERSE-VIDEO CLAUSE
b. BLANK CLAUSE                        d. HIGHLIGHT CLAUSE



18.LEVEL number yang digunakan untuk mengawali data item yang berdiri sendiri
adalah……
a. Level number 77                        c. Level number 66
b. Level number 88                           d. Level number 01

19.Level number yang digunakan untuk mengawali suatu nama kondisi adalah…..
a. Level number 77                           c. Level number 66
b. Level number 88                        d. Level number 01

20. Perhatikan penggalan program dibawah ini :
Pada DATA DIVISION :
01 RECORD-A.
02 A PIC 9(3).
02 B PIC X(5).
02 C PIC A(9).
02 D PIC 9(4).
01 RECORD-B.
02 A PIC 9(3).
02 FILLER PIC X(5).
02 B PIC X(6).
02 D PIC 9(4).
02 E PIC $$$.99.
02 FILLER PIC X(5).

Pada PROSEDURE DIVISION :
MOVE CORRESPONDING RECORD-A TO RECORD-B.
Penggalan program diatas, menghasilkan group item pada RECORD-B adalah….
a. A B D
b. A B C
c. B D E
d. A C D

16. Jika X = 5, Y= 10, Z = X + Y. Maka hasil dari ungkapan arithmatika dibawah ini
adalah…..
W = Y + Z / ( Y – X ) + Z
a. 28               c. 20
b. 38               d. 30

17. Jika A = 5 , B = 2 , dan C = 3 maka hasil dari ungkapan arithmatika di bawah ini
adalah ….
2
(B+C)3
a. 25/35          c. 25/29
b. 25/125       d. 25 /121

18.Suatu statement yang langsung mengerjakan operasinya tanpa ada penyeleksian
suatu kondisi, adalah pengertian dari…
a. Conditional Statement     c. a dan b benar
b. Imperative Statement    d. a dan b salah

19.Statement IF A < B MOVE 1 TO C sama dengan statement….
a. IF A GREATER THAN B MOVE 1 TO C
b. IF A EQUAL TO B MOVE 1 TO C
c. IF A > B MOVE 1 TO C
d. IF A LESS THAN B MOVE 1 TO C

20.Statement khusus yang berada pada PROCEDURE DIVISION yang digunakan
untuk merekam ulang record yang sudah pernah direkam adalah….
a. Open          c. Rewrite
b. Read          d. Write

21.PERFORM A VARYING X FROM 1 BY 2 UNTIL X>7, Jika paragraf A berisi
display X, maka akan ditampilkan nilai X yaitu :
a. 1      b. 3      c. 1      d. 2
    3         5        2         4
    5         7        3         6
    7                   4
                         5
                         6
                         7

22.PERFORM A VARYING X FROM 1 BY 2 UNTIL X > 4, AFTER Y FROM 1 BY 1
UNTIL Y = 2 , Jika paragraf A berisi display ‘ X=’ X ‘Y=’ Y, maka akan ditampilkan
nilai X yaitu :
a. X=1 Y=1     b.X=3 Y=1      c.X=1 Y=1      d.X=1 Y=1
    X=3 Y=1       X=5 Y=2       X=3 Y=1       X=3 Y=2
    X=5 Y=1

23.PERFORM A VARYING X FROM 1 BY 1 UNTIL X>2, AFTER Y FROM 1 BY 2
UNTIL Y>=2, Jika paragraf A berisi display ‘X=’ X ‘Y=’ Y, maka akan ditampilkan
nilai X yaitu:
a. X=1Y=1      b. X=2 Y=1     c. X=1 Y=1     d. X=2 Y=1
    X=2 Y=1        X=3 Y=1       X=2 Y=3        X=3 Y=3

24.Perhatikan potongan program dibawah ini :
COLUMN 30 PIC X (8) TO NPM ( …………..)
Jika NPM adalah field kunci ( key) dari suatu record, clausa yang tepat untuk
NPM adalah:
a. Renames
b. Secure
c. Required
d. Redefines

25.COLUMN 30 PIC X(12) TO PASSWORD(…………..)
Berdasarkan dari sifat password, maka clausa yang tepat untuk password adalah
:
a. Renames
b. Secure
c. Required
d. Redefines
26.Group yang mengembangkan COBOL :
a. IBM
b. ANSI
c. CODASYL
d. Semua benar

27.User define words dapat terdiri atas,....... kecuali :
a. Huruf A-Z ( besar atau kecil )
b. Angka 0 – 9
c. Spesial karakter (+)
d. Special karakter (-)

28.Mana yang salah dari penulisan nama dalam bahasa COBOL, kecuali :
a. NAMA BARANG
b. ‘NAMA PELANGGAN”
c. 1560
d. NOMER-BARANG

29.ZERO dan QUOTE merupakan :
a. igurative constant
b. Literal Numerik
c. Literal Non Numerik
d. Data variabel

30.Perintah yang digunakan untuk memasukkan data lewat layar pada saat program
dijalankan adalah:
a. Accept
b. Move
c. Display
d. Send

31.Clause yang digunakan untuk membuat pergeseran kursor secara otomatis
adalah :
a. Auto
b. Clear screen
c. Blank Screen
d. Required

32.Hasil dari MULTIPLY A BY B, jika nilai A=15 dan B=3 adalah :
a. 5
b. 12
c. 18
d. 45

33.Picture karakter yang digunakan untuk data input alphanumeric adalah :
a. A
b. V
c. P
d. X

34.Perintah : DIVIDE LABA BY JUMLAH GIVING D REMINDER KAS berarti :
a. D=LABA/JUMLAH, sisa pembagian disimpan di KAS
b. KAS=LABA/JUMLAH
c. KAS=JUMLAH/LABA
d. KAS= LABA/JUMLAH, sisa pembagian disimpan di D

35.Jika A=5.65, X=2.3 dan tipe data dari X adalah PIC 9.9
Maka COMPUTE X = X + A ROUNDED akan menghasilkan nilai :
a. 8
b. 7.9
c. 7.95
d. a, b, dan c salah

36.Bila data adalah 13157 dan PICTURE EDITING yang digunakan 99/09/99, maka
hasilnya adalah:
a. 13/01/57
b. 10/13/57
c. 13/15/70
d. 13/15/7

37.Hasil dari MULTIPLY A BY B GIVING C , jika nilai A=1 , B=2 dan C=5 adalah :
a. 5
b. 3
c. 1
d. 2

38.Organisasi file yang sifatnya urut media penyimpanan disk dan printer.
Contoh :
INPUT-OUTPUT SECTION
FILE CONTROL
SELECT PENJUALAN ASSIGN TO ( DISK/PRINTER)
ORGANIZATION IS .............
a. relatif
b. random
c. index
d. sequential

39.Bagian dari data division yang berfungsi untuk mendefinisikan bentuk dari layar
input/output adalah :
a. Working Storage Section
b. Configuration Section
c. Screen Section
d. Input-output Section

40. Divisi yang berisi File Section, Working Storage Section , Screen Section, Linkag
Section, Report Section adalah:
a. Identification Division
b. Environment Division
c. Data Division
d. Procedure Divison
41. .......Berfungsi menerangkan tentang file yang dipakai dalam program, meliputi
nama file, cara perekaman, jumlah record per blok, jumlah karakter per record,
label dan nama dari record tersebut :
a. Configuration Section
b. File Section
c. Input – Ouput Section
d. Screen Section

42. Clausa yang dipakai untuk membersihkan layar dan menempatkan kursor di
posisi kiri atas adalah:
a. Blank line
b. Blank Screen
c. Redefines
d. Renames

43. Jika terdapat proses pada program sebagai berikut :
COMPUTE FAHREINHET = 1.8 * CELCIUS + 32 . disebut sebagai :
a. Division
b. Sentence
c. Paragraph
d. Region

44. Clausa yang digunakan untuk memberi efek kedap-kedip pada tampilan adalah :
a. underline
b. highlight
c. required
d. Blink

45. Perhatikan potongan program dibawah ini:
COLUMN 30 PIC X(8) TO NPM ( .................)
Jika NPM adalah iel dkunci (key dari suatu record, clausa yang tepat untuk
NPM adalah :
a. Required
b. Secure
c. Renames
d. Redeines

46. COLUMN 30 PIC X(12) TO PASSWORD(..............)
Berdasar dari sifat password, maka clausa yang tepat untuk password adalah:
a. Secure
b. Renames
c. Required
d. Redefines

47. PERFORM PAR-1 3 TIMES, statement tersebut akan melaksanakan /
menjalankan instruksi – instruksi yang ada di paragraf PAR-1 sebanyak :
a. 1 kali
b. 3 kali
c. 2 kali
d. 4 kali
48. Divisi yang berisi informasi tentang program yang bersangkutan, nama pembuat
program, tanggal pembuatan dll adalah :
a. Identification Division
b. Environment Division
c. Data Division
d. Procedure Divison

49. ...............Berisi 2 section, yaitu Configuration dan input-ouput section
a. Identification Division
b. Environment Division
c. Data Division
d. Procedure Divison

50. Section yang menerangkan mengenai jenis – jenis komputer yang digunakan
dalam rangka pembuatan , pengkompilasian dan pemrosesan program adalah
.......
a. Working storage section
b. configuration section
c. input-output section
d. scren section

51. (................) berisi paragraph FILE CONTROL yang akan memberi nama,serta
menghubungkan file-file yang digunakan sebagai peralatan penyimpanan
sekunder.
a. Working Storage section
b. Configuration Section
c. Input – output section
d. screen section

52. Organisasi file yang datanya dapat langsung diambil di posisi record yang
menpunyai nilai kunci tertentu dan unik dengan media disk adalah organisasi
file ( .......)
a. Sequential
b. Random
c. Index
d. Relatif

53. Bagian dari data division yang berfungsi untuk mendefinisikan bentuk dari layar
input / output adalah ( ..............)
a. Working storage section
b. Configuration section
c. Input-output section
d. Screen section

54. Divisi yang berisi file section, working storage section, screen section, linkage
section, report section adalah ( ..................)
a. Identification division
b. Environment division
c. Data division
d. Procedure division
55. (.........) section befungsi menerangkan tentang file yang dipakai dalam program,
meliputi nama file, cara perekaman, jumlah record per blok, jumlah karakter per
record, label dan nama dari record tersebut.
a. File section
b. Configuration section
c. Input-outpu section
d. Screen section

56. Clausa yang dipakai untuk membersihkan layar dan menempatkan kursor di
posisi kiri atas ( baris 1, kolom 1 ) adalah............
a. Blank line
b. blank screen
c. redefines
d. renames

57. Clausa yang dipakai untuk memberi efek aris bawah pada tampilan adalah....
a. underline
b. highlight
c. required
d. blink

58. Clausa yang digunakan untuk memberi efek tampilan dengan bentuk yang lebih
terang adalah.......
a. underline
b. highlight
c. required
d. blink

59. COLUMN 30 PIC X(1) TO PASSWORD(..........)
Berdasar dari sifat password , maka clausa yang tepat untuk password adalah:
a.renames
b.Secure
c.Required
d.Redefines

60.Clausa yang digunakan untuk mendefinisika suatu lokasi memori berdasarkan
nama data/ struktur yang mendahuluinya adalah:
a. renames
b. redefines
c. required
d. remark

61. Clausa yang digunakan untuk menempatkan nama data yang berlainan pada
lokasi storage yang sama ( atau identitas 1 lokasi memori dengan lebih dari satu
nama data) adalah:
a. Identification Division
b. Environment Division
c. Data Division
d. Procedure Divison

62. untuk data SAYAbb, calusa yang tepat adalah....
a. PIC X(6)
b. PIC A(6)
c. PIC 9 (6)
d. benar semua

63. Untuk menuliskan nomor urut program COBOL dituliskan pada:
a. Kolom 89 – 12
b. kolom 7
c. kolom 73 - 80
d. kolom 1- 6

64. Picture Editing pada COBOl adalah , kecuali..........
a. Z      b. $
c. S     d. –

65. Kata – kata yang telah didefinisikan yang mempunyai arti dan kegunaan tertentu
didalam bahasa COBOL disebut :
a. COBOL reserved words
b. COBOL deined words
c. User reserved words
d. user defined words

66. Kumpulan dari pararaph atau entry disebut :
a. Division      c. Section
b. region         d. Paragraph

67. Statement yang menyatakan akhir dari sebuah program COBOL adalah:
a. CLOSE
b. FINISH
c. STOP RUN
d. END

68. Kolom 7 pada pogram COBOL digunakan untuk penulisan :
a. Area A        c. Nomor urut
b. Area B        d. Komentar

69. Untuk menyatakan nilai awal suatu data di DATA DIVISION digunakan kata:
a. VALUE      c. FILLER
b. MOVE        d. OCCURS

70. Manakah diantara pernyataan berikut ini yang benar?
a. ADD A to B
b. ADD A to giving C
c. ADD A to 10
d. ADD A, B